Content Marketing

Konten pemasaran adalah bentuk pemasaran yang berfokus pada membuat, menerbitkan, dan mendistribusikan konten untuk audiens yang ditargetkan secara daring. Konten pemasaran ini sering digunakan untuk:

  1. Menarik perhatian dan menghasilkan calon-calon pelanggan atau nasabah baru. 
  2. Melebarkan jangkauan pelanggan atau nasabah baru.
  3. Menghasilkan dan meningkatkan penjualan berbasis daring.
  4. Meningkatkan citra dan kredibilitas usaha dan perusahaan.
  5. Mengembangkan hubungan yang baik dengan komunitas pengguna secara daring.
 
Konten pemasaran menarik perhatian prospek dan mengubah prospek menjadi pelanggan dengan menciptakan dan berbagi konten gratis yang berharga. Konten pemasaran membantu perusahaan untuk dapat menciptakan loyalitas merek yang berkelanjutan, memberikan informasi berharga kepada konsumen, dan menciptakan kemauan untuk membeli produk dari perusahaan di masa depan. Bentuk pemasaran yang relatif baru ini tidak melibatkan penjualan langsung. Sebaliknya, hal tersebut membangun kepercayaan dan hubungan dengan audiens secara daring. 

 

Fokus utama konten pemasaran adalah dapat mengidentifikasi kebutuhan calon pelanggan datau pelanggan. Setelah identifikasi dilakukan maka informasi yang akan disebarkan melalui konten pemasaran dapat disajikan dalam berbagai format, yaitu: berita, video, buku elektronik, proposal usaha, infografis, email pemasaran, studi kasus, petunjuk pelaksanaan, artikel, foto, dan lain-lain. 

Konten pemasaran digital adalah proses manajemen yang menggunakan saluran elektronik untuk mengidentifikasi, memperkirakan, dan memenuhi persyaratan konten audiens tertentu. Pemasaran dengan konten pemasaran digital harus dilakukan secara konsisten, diperbaharui secara berkala dan ditambahkan, dihilangkan dan/atau diubah untuk dapat mempengaruhi perilaku pelanggan agar tetap setia kepada usaha anda.